Minggu, 23 Februari 2014

Teknologi mutakhir dari Blackberry

Walaupun sektor bisnis ponsel Blackberry diambang kehancuran namun nampaknya Blackberry tak perlu khawatir untuk kedepannya, karena layanan pesan instans terbaru mereka yakni BBM (Blackberry Messanger) masi bisa mengibarkan sayapnya ditengah – tengah persaingan layanan pesan instan saat ini dan masih memiliki daya tarik dimata pelanggan. Pada Desember, BlackBerry mengumumkan lebih dari 40 juta orang menggunakan aplikasi BBM versi iOS dan Android. Karena melihat fakta tersebut akhirnya perusahaan asal Kanada ini kemudian meluncurkan update ke versi terbaru dari BBM yaitu BBM 2.0.
Update ini merupakan update BBM yang ke 2 setelah BBM meluncurkan update BBM 1.0.4.97 pada 5 Februari lalu yang lalu. BBM 2.0 sudah diluncurkan untuk perangkat iOS dan Android dengan beberapa fitur baru diantarnya BBM Voice, BBM Channel, Sharing tempat, dan masih banyak lagi. Dengan update terbaru ini, BlackBerry mengatakan bahwa fitur-fitur baru tersebut akan memberikan pengalaman lebih menyenangkan saat ngobrol dan berbagi dengan teman di BBM, dibandingkan sebelumnya. Untuk lebih jelas mengenai fitur terbaru BBM 2.0 anda bisa simak ulasan dibawah ini.

Fitur Terbaru BBM 2.0

BBM Voice
BBM Voice adalah fitur yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon secara gratis ke sesama pengguna BBM yang lain. Panggilan telepon ini bisa menggunakan jaringan WiFi atau jaringan seluler biasa. Bila seorang kontak BBM tersedia untuk ditelfon, Anda akan melihat ikon hijau pada pojok kanan atas percakapan (chat), dan dengan menyentuh ikon hijau itu panggilan telfon Anda akan terhubung.

BBM Channels
BBM Channels merupakan ruang obrol yang memungkinkan pengguna berdiskusi dengan pengguna lain tentang topik yang disenanginya. Pengguna dapat bergabung dalam obrolan-obrolan tentang topik-topik seperti produk, hobi, olahraga, hiburan, fashion, mobil, dan banyak lagi. Channel-channel obrolan dapat dibuat oleh brand (merek) tertentu, perusahaan-perusahaan, dan pengguna BBM untuk saling berbagi dalam topik yang digemari dalam komunitas BBM yang luas.

Location Sharing
Update terbaru aplikasi BBM versi 2.0 ini juga membawa fitur location sharing yang dimotori oleh Glympse. Dengan fitur ini para pengguna bisa membagikan lokasi mereka dengan kontak tertentu saja dan dalam jangka waktu tertentu saja. Pengguna dapat mengatur dengan waktu (timer), kapan lokasinya akan dibagi dan kapan hal itu menjadi hal yang pribadi. Fitur ini sangat bermanfaat jika Anda akan melakukanmeeting di suatu tempat karena Anda dapat memantau secara real time di mana teman-teman Anda masih berada.
Integrasi Dropbox dan Quick Sharing
Aplikasi BBM terbaru ini juga mendapat dukungan penuh dari Dropbox sehingga kini Anda bisa bisa mengirim file secara langsung dari Dropbox ke pengguna BBM lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan langsung file yang dikirim oleh pengguna BBM lain ke Dropbox. Fitur lainnya yang disajikan oleh BBM versi 2.0 adalah kemampuan untuk membagikan foto, voice note, atau file ke pengguna BBM lain dengan cepat.

Emoticon Baru dan Penambahan BBM Groups
Seperti yang telah dijanjikan, BBM 2.0 juga menyuguhkan 100 emoticon baru sehingga sekarang jumlah emoticon yang tersedia adalah 200 buah. Beberapa emoticon tersebut merupakan buatan langsung dari pengguna BBM yang terpilih. Selain itu, BBM Groups juga sekarang dapat menampung lebih banyak anggota, yaitu hingga 50 orang.
Selain merilis BBM versi 2.0 untuk Andoid dan iPhone, perusahaan Kanada itu juga meluncurkan update aplikasi yang sama untuk perangkat BlackBerry 10, yakni versi 10.3. Aplikasi yang sudah dirilis per tanggal 14 Februari 2014 kemarin ini dapat anda download di iTunes store maupun Play Store

Tidak ada komentar:

Posting Komentar